Asal Usul Peci Sebagai Icon Nusantara

Ketika menjelang rapat, hari itu mulai sedikit gelap. Ia bersembunyi dibalik tukang sate yang awalnya ragu. Kemudian ia berkata kepada diri sendiri “Ayo maju, pakailah pecimu. Tarik nafas yang dalam dan masuk sekarang!!!” dan inilah awal mula asal usul peci sebagai Icon Nusantara.

Setelah beliau masuk, setiap orang memandang heran padanya tanpa kata-kata. Kemudian untuk mengatasi kekikukan itu, beliau berkata “Kita memerlukan suatu lambang daripada kepribadian Indonesia, Peci. Dipakai oleh pekerja-pekerja dari bangsa melayu dan itu asli kepunyaan rakyat kita”. Beliau juga menjelaskan bahwa peci berasal dari kata pet yang berarti topi dan je (bangsa Belanda) yang berarti sifat kecil. Oleh karena itu, baik dari segi sejarah penggunaannya dan dari segi penyebutan namanya, peci mencerminkan Indonesia : satu bangunan “inter-kultur”.

Jadi, tak heran bila dari manapun asalnya, agama apapun yang dianutnya, kaum pergerakan memakai peci. Dan kesimpulannya adalah peci bukan simbol agama, melainkan simbol budaya dari bangsa Indonesia khususnya bangsa Melayu pada umumnya.

Nah, itulah awal mula asal usul peci sebagai icon nusantara. Jadi, masih ragu mengenakan peci? Tak perlu khawatir, anda bisa mengenakan peci dari brand Samase yang asli produk Indonesia. Yang terbuat dari bahan yang berkualitas dan tentunya jika anda mengenakan produk Indonesia, anda juga mencintai produk-produk Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber: www.samase.co.id/blog/2018/10/18/asal-usul-peci/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *