Breaking News

Keutamaan dan Manfaat Berwudhu

(21/07/2020) – Belakangan wudhu menjadi kata yang sangat populer seiring merebaknya kasus virus corona yang kini jumlah penderita pasien positifnya mencapai lebih dari 8.000 orang

Pemerintah dan banyak lembaga kesehatan menganjurkan masyarakat untuk mencuci tangan agar tehindar dari tertularnya virus corona penyebab orang sakit Covid-19.

Sudah banyak orang yang mengerjakan wudhu atau menjaga wudhu sepanjang hari demi kesehatan dan ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Maka ketika seseorang batal dari wudhu, dia akan bersegera berwudhu.

Amalan berwudhu sudah diajarkan sejak zaman Rasulullah Muhammad SAW.

Sebab, wudhu merupakan amalan syarat wajib sebelum mengerjakan sholat, baik sholat wajib maupun sholat sunah.

Ibadah wudhu ini ternyata memiliki banyak keutaaan atau fadilah dan itu disebutkan dalam hadis Nabi Muhammad SAW.

Berikut beberapa keutamaan dan manfaat berwudhu disarikan dari berbagai sumber:

1. Menghapus Dosa

Berwudhu dengan benar dan sempurna akan menghapus kesalahan dan dosa-dosa (kecil) yang telah lalu.

2. Meninggikan Derajat Orang Berwudhu

Dan akan meninggikan derajat pelakunya. Hal ini sebagaimana hadits berikut ini:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah Muhamamd SAW: “Maukah kalian aku tunjukkan kepada sesuatu yang dengannya Allah akan menghapuskan dosa-dosa dan menaikkan derajat ?”

Para shahabat menjawab: “Mau, wahai Rasulullah !” Beliau bersabda: ”Menyempurnakan wudhu pada saat-saat yang tidak disukai, memperbanyak langkah ke masjid dan menunggu salat berikutnya setelah melakukan salat. Maka itulah yang dinamai ribath (berjaga-jaga di garis perbatasan)”. (Shohih. HR. Ahmad, Muslim, Tirmidzi, dan an-Nasa’i).

Ribath adalah amalan berjaga-jaga di daerah perbatasan antara daerah kaum muslimin dengan daerah musuh. Maksudnya pahalanya disamakan dengan pahala orang yang melakukan ribath.

3. Mendatangkan Cahaya di Hari Kiamat

Pada hari Kiamat, orang yang berwudhu dengan benar dan sempurna akan mendapatkan cahaya pada wajah, kedua tangan, dan kedua kakinya dengan sebab dia mencuci wajah, kedua tangan, dan kedua kakinya dalam berwudhu. Hal ini sebagaimana hadits berikut ini:

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya umatku akan dihadirkan pada hari kiamat dengan wajah, tangan, dan kaki yang bercahaya karena bekas-bekas wudhu mereka. Karenanya barangsiapa di antara kalian yang bisa memperpanjang cahayanya maka hendaklah dia lakukan.” (Shohih. HR. Bukhari, dan Muslim).

4. Berwudhu Merupakan separuh dari keimanan

Hal ini sebagaimana hadits berikut ini:

Dari Abu Malik Al-Asy’ari radhiyallaahu ‘anhu, Dia berkata: Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Bersuci adalah separuh dari keimanan, ucapan ‘Alhamdulillah’ akan memenuhi timbangan, ‘subhanalloh dan alhamdulillah’ akan memenuhi ruangan langit dan bumi, salat adalah cahaya, dan sedekah itu merupakan bukti, kesabaran itu merupakan sinar, dan Al Quran itu merupakan hujjah yang akan membela atau menuntutmu.

Setiap jiwa manusia melakukan amal untuk menjual dirinya, maka sebagian mereka ada yang membebaskannya (dari siksa Allah) dan sebagian lain ada yang menjerumuskannya (dalam siksa-Nya).” (Shohih. HR Muslim, dan Ahmad)

Orang yang berwudhu dengan benar dan sempurna maka dosa-dosa yang diperbuat oleh anggota wudhunya akan keluar (terhapus) bersamaan dengan keluarnya tetesan air wudhunya. Hal ini sebagaimana hadits berikut ini:

Dari Utsman bin Affan radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang berwudhu lalu membaguskan wudhunya’, keluarlah dosa-dosanya dari badannya bahkan (dosa-dosanya) akan keluar dari bawah kuku-kukunya.” (Shohih. HR.Muslim)

Maksud memperbaiki wudhu adalah mengerjakannya secara sempurna (mencakup rukun, wajib, dan sunnah wudhu) sesuai dengan petunjuk Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

6. Langkah Kakinya Jadi Pahala

Orang yang berwudhu dengan benar dan sempurna maka akan diampuni semua dosanya yang telah berlalu, dan setiap langkah kakinya ke masjid akan dihitung sebagai amalan sunnah. Demikian pula shalat (sunnah wudhu) yang dia lakukan setelahnya. Hal ini sebagaimana hadits berikut ini:

Dari Utsman bin Affan radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang berwudhu seperti ini maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Sholat dan berjalannya menuju ke masjid merupakan nafilah (sunnah).” (Shohih. HR.Muslim).

Nah, itulah sejumla keutamaan berudhu, berpahala besar, diampuni dosa, dan yang pagi membuat dirimu sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *