Breaking News

Perbedaan Jin dan Setan

(19/07/2020) – Jika berbicara tentang makhluk gaib, pasti pikiran kita akan langsung tertuju kepada jin dan setan. Kedua makhluk gaib tersebut dipercaya memiliki wujud yang menyeramkan dan biasa mengganggu umat manusia. Tak jarang, beberapa orang diberikan kelebihan oleh Tuhan sehingga mampu bisa melihat keberadaan mereka.ADVERTISEMENTMeskipun kedua istilah makhluk gaib tersebut seolah-olah sama, namun sebenarnya ada perbedaan dari kedua makhluk tersebut. Langsung saja kita simak penjelasannya.

Jin berasal dari kata “janna-yajunnu” yang artinya menutupi, menyembunyikan, menjadi gelap, atau merahasiakan. Sedangkan jin berarti yang tersembunyi dan tidak dapat dilihat. Jin diciptakan dari api, sedangkan manusia diciptakan dari tanah dan segumpal darah. Manusia dan jin tidak hidup di alam yang sama. Sebab itulah manusia tidak dapat melihat keberadaan jin, namun jin dapat melihat keberadaan manusia.Jin juga merupakan makhluk Tuhan yang hidup layaknya manusia. Mereka hidup secara berkelompok, bahkan juga berkeluarga. Jin juga memiliki aktivitas yang sama seperti aktivitas manusia.

Setan, istilah ini berasal dari kata “syathona” yang artinya jauh. Kata setan merupakan sebuah julukan yang diberikan kepada makhluk Tuhan yang menyesatkan, baik dari jin maupun manusia. Istilah ini dimaknai berasal dari arti nama setan yaitu “syathona” yang artinya jauh, yaitu jauh dari kebenaran.ADVERTISEMENTSelayaknya umat manusia, jin juga memiliki sifat taat dan ada pula yang ingkar. Mereka yang mengingkari perintah Tuhan, maka itulah yang disebut dengan setan, bahkan manusia yang mengingkari Tuhan juga bisa dikatakan sebagai setan. Jadi, setan merupakan julukan sifat bagi siapa pun yang menyesatkan.Itulah sedikit pembahasan mengenai perbedaan antara jin dan setan. Semoga dapat menambah informasi Sobat Dukun sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *